STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR PANTAI - KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT JIWA LAUT)

  • Muhammad Agriawan Ansali
  • Mutia Dewi

Abstract

Komunitas pesisir, terutama mereka yang berprofesi sebagai nelayan dan petani, masih diperumit dengan masalah kemiskinan dan keterbelakangan. Hal ini terkait dengan aspek ekologis, sosial, dan ekonomi masyarakat pesisir, sehingga masyarakat pesisir masih tertinggal. Pemberdayaan masyarakat adalah program pembangunan yang berorientasi masyarakat. Kegiatan pemberdayaan masyarakat dirancang dan disiapkan berdasarkan inisiatif dan partisipasi masyarakat dengan melihat orientasi kebutuhan, potensi, dan kemampuan masyarakat setempat, tetapi tetap dengan memperhatikan variasi dan perbedaan yang ada dalam masyarakat.Penelitian ini berlokasi di Pantai Watu Kodok, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jiwa Laut, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program pemberdayaan masyarakat, bagaimana komunikasi untuk pemberdayaan dalam proses pemberdayaan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan kendala ketika menjalankan program pemberdayaan masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberdayaan komunikasi, strategi komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat dan analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana menerapkan strategi komunikasi pemberdayaan di setiap program. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi objek penelitian.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Jiwa Laut adalah sebuah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang berfokus pada banyak hal dalam memberdayakan lingkungan pantai Watu Kodok dan sekitarnya. Dalam pemberdayaan, Jiwa Laut memposisikan dirinya sebagai bagian dari komunitas, di mana masyarakat lokal secara khusus terlibat dalam mengimplementasikan keduanya secara independen dalam masalah dana. Peneliti menyimpulkan bahwa tidak ada strategi komunikasi spesifik saat menjalankan program pemberdayaan masyarakat. Jiwa Laut termasuk dalam organisasi non-pemerintah yang partisipatif dan memberdayakan karena melibatkan masyarakat secara langsung dalam kegiatan pemberdayaan dengan proses untuk mengembangkan, memberdayakan, memfasilitasi masyarakat untuk mandiri dan dididik untuk dapat mempertahankan dan memaksimalkan sumber daya alam di sekitar mereka. Semua tindakan dan strategi yang dilakukan oleh Jiwa Laut dalam proses merawat, melestarikan lingkungan sambil memberdayakan masyarakat didasarkan pada seruan mereka sebagai manusia untuk selalu bermanfaat bagi alam dan masyarakat di sekitar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-15
How to Cite
Agriawan Ansali, M., & Dewi, M. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR PANTAI - KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT JIWA LAUT). Conference On Communication and News Media Studies, 1. Retrieved from http://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1098