STRATEGI PERSONAL BRANDING PENYANYI TULUS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI

  • Lamria Raya Fitriyani

Abstract

Persaingan industri musik di Indonesia secara langsung membuat para penyanyi harus memiliki ciri atau keunikan tersendiri untuk dapat bersaing dengan penyanyi lainnya. Dalam membangun keunikan tersebut, dibutuhkan personal branding untuk dapat mempertahankan eksistensinya.  Salah satu penyanyi Indonesia, yaitu Tulus memiliki strategi personal branding yang telah menghantarkannya selama kurun waktu 7 tahun ini, mendapatkan 50 penghargaan dalam dunia musik, dengan merilis 3 album musik buatannya sendiri, dan menjadi musisi Indonesia pertama yang berhasil meraih 1 juta pelanggan di layanan digital streaming, Spotify ( Situs tulus, 2019).

 Pada latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi personal branding Tulus dalam mempertahankan eksistensi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori personal branding menurut (Montoya dan Vandehey, 2009), yaitu dengan menggunakan  3 hal utama dalam personal branding (you, promise, dan relationship) serta 3 elemen kunci dalam personal branding (clarity, specialization, dan consistency) (Montoya dan Vandehey, 2009).

 Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan metodologi kualitatif, yaitu melakukan wawancara mendalam kepada informan yaitu perwakilan dari TulusCompany dan beberapa penggemar Tulus, yang disebut dengan TemanTulus dan melakukan observasi pada konser Monokrom Tulus. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi personal branding yang dikomunikasikan oleh Tulus, yaitu berupa karya-karya Tulus yang menjadi inspirasi bagi para penggemar dan penikmat karya-karya Tulus, berhasil mempertahankan eksistensi Tulus dalam industri musik Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-14
How to Cite
Raya Fitriyani, L. (2019). STRATEGI PERSONAL BRANDING PENYANYI TULUS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI. Conference On Communication and News Media Studies, 1, 271. Retrieved from http://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1101