MEME: GAYA KOMUNIKASI BARU DALAM INTERAKSI DIGITAL

  • Sri Rahayu
  • Dwiana Zahara Herman
  • Adimda Zasya Sastra

Abstract

Meme atau memetics merupakan suatu fenomena bentuk komunikasi baru di internet, khususnya kalangan milenials yang mendominasi penggunaan internet di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan keunikannya, bentuknya yang satire dan dibutuhkan kemampuan kognisi khusus untuk dapat memahami maknanya. Di sosial media meme sering digunakan untuk mengungkapkan suatu ekspresi dengan cara yang baru dan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perceived effectiveness (PE)MEME pada milenials. Beberapa penelitian terdahulu menguji PE untuk memprediksi intensi dan perilaku konsumen terhadap suatu pesan iklan. Menggunakan pendekatan kuantitatif melalui online survei kepada 100 responden mahasiswa, penelitian ini akan fokus untuk memprediksi perilaku milenials pada MEME menggunakan stimuli meme yang terkait dengan calon presiden dan wakil presiden Indonesia tahun 2019. Mahasiswa dipilih sebagai representasi paling ideal dari generasi milenial baik berdasarkan usia, maupun perilaku digitalnya. Data yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan software SPSS dengan analisis statistik deskriptif untuk memberikan gambaran dan mengidentifikasi PE pada meme menurut sudut pandang milenials. Hasil penelitian ini akan dideskripsikan dalam sebuah infografis agar dapat memberikan kontribusi yang lebih praktis bagi para akademis maupun praktisi dalam ranah ilmu komunikasi pemasaran dan media baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-15
How to Cite
Rahayu, S., Zahara Herman, D., & Zasya Sastra, A. (2019). MEME: GAYA KOMUNIKASI BARU DALAM INTERAKSI DIGITAL. Conference On Communication and News Media Studies, 1, 258. Retrieved from http://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1102