PENGENALAN OBJEK WISATA ALAM KABUPATEN LEBAK MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS MEDIA DIGITAL

  • Nandang Wiga Sudarmawan
  • Arus Reka Prasetia

Abstract

Strategi komunikasi berbasis media digital merupakan suatu aktivitas komunikasi melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terkini, yang bersifat informatif atau persuasif untuk memberikan informasi dan memperkuat gagasan/ide secara sistematis dan komprehensif. Maraknya aktivitas swafoto yang dilakukan generasi milenial, akan meningkatkan potensi suatu wilayah untuk dijadikan objek wisata yang berdaya guna dan berhasil guna. Pengenalan objek wisata alam di Kabupaten Lebak perlu dilakukan secara masif untuk kian mengenalkan seluruh potensi kekayaan alam maupun budaya, sehingga semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui jasa atau produk dari bidang pariwisata. Pengenalan kekayaan potensi wisata alam dan budaya di Kabupaten Lebak melalui media digital akan berpengaruh terhadap pesatnya penyebaran informasi destinasi wisata di Kabupaten Lebak. Pengembangan serta ekspansi sektor pariwisata akan berdampak kepada pembangunan infrastruktur yang semakin pesat untuk menjangkau destinasi wisata alam maupun budaya yang berada di wilayah ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif, serta diperkuat data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi langsung, wawancara, studi literatur, hingga dokumentasi visual. Potensi wisata alam dan budaya yang berada di Kabupaten Lebak perlu dikenalkan kepada generasi milenial secara tepat melalui strategi komunikasi yang terafiliasi dengan media digital, sehingga akan mempermudah akses informasi mengenai objek wisata alam dan budaya, guna semakin meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-15
How to Cite
Wiga Sudarmawan, N., & Reka Prasetia, A. (2019). PENGENALAN OBJEK WISATA ALAM KABUPATEN LEBAK MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS MEDIA DIGITAL. Conference On Communication and News Media Studies, 1, 346. Retrieved from http://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1108