LITERASI POLITIK DALAM AKUN FACEBOOK PASANGAN FIKTIF NURHADI-ALDO, STUDI KOMPARASI DENGAN KANDIDAT RESMI DALAM PILPRES 2019

  • Abie Besman
  • Inne Nathalia
  • Alya Kananda

Abstract

Artikel ini merupakan hasil dari penelitian pola marketing politik yang dilakukan oleh pasangan fiktif Nurhadi – Aldo dalam periode 20 Desember 2018 hingga 17 Januari 2019. Pola marketing politik Nurhadi – Aldo adalah anomali dari apa yang dirasakan oleh netizen di Indonesia jelang debat kandidat pertama ajang kontestasi Pilpres 2019. Isu yang dibawa dalam akun Facebook pasangan ini kerap menjadi bahasan hangat ketimbang apa yang dihadirkan pasangan resmi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana manajemen isu dari pasangan fiktif Nurhadi-Aldo dalam menjual pilpres versi mereka dengan komparasi dari pasangan resmi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif melalui studi kasus. Pengumpulandata diperoleh dengan melakukan telaah media, manajemen big data, dan studi pustaka. Teoriyang digunakan adalah teori tindakan sosial dan modelmanajemen isu. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa akun Facebook Nurhadi – Aldo memiliki daya jual dalam mengkomunikasikan isu politik yang dekat dan informal terhadap netizen, hal ini yang tidak dimiliki oleh pasangan resmi di Pilpres 2019

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-15
How to Cite
Besman, A., Nathalia, I., & Kananda, A. (2019). LITERASI POLITIK DALAM AKUN FACEBOOK PASANGAN FIKTIF NURHADI-ALDO, STUDI KOMPARASI DENGAN KANDIDAT RESMI DALAM PILPRES 2019. Conference On Communication and News Media Studies, 1, 46. Retrieved from https://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1079