KREATIVITAS DIGITAL DALAM POLITICAL MARKETING

  • Woro Harkandi Kencana
  • Meisyanti Meisyanti

Abstract

Political Marketing merupakan rangkaian aktivitas terencana, strategis tapi juga taktis jangka panjang dan jangka pendek,untuk menyebarkan makna politik kepada para pemilih. Menjelang PemiluApril 2019 partai politik dan calon legislatif melakukan kampanye politik melalui media digital.Media sosial, website, dan aplikasi merupakan jenis media digital yang digunakan oleh partai sebagai kampanye politiknya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas digital dalam political marketing di pemilihan umum 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi pada media digital partai politik dan caleg serta wawancara dengan partai politik. Hasil penelitiannya adalah dalam kampanye, yang menjadi product adalah platform partai, price dalam penggunaan media digital lebih murah dibandingkan dengan kegiatan politik secara offline. Kreativitas digital dibutuhkan dalam mempromosikan partai politik dan calegnya ditentukan oleh place,segmentation dan positioningnya. Bentuk kreatif digitalnya adalah video, grafis humor politik, komik politik, teks serta konten kreatif lainnya.Kreativitas digital merupakan elemen penting dalam political marketing untuk meraih calon pemilih yang tidak bisa terlepas dari teknologi komunikasi. Dalam menentukan kreativitas, tutur digital disesuaikan dengan format masing-masing bentuk media sosial dan target calon pemilih. Pengunaan tutur digital dalam bentuk dialog maupun teks menjadi pesan yang bermakna dalam pemasaran politik untuk memperebutkan calon pemilih khususnya pada pemilu 2019 mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-14
How to Cite
Harkandi Kencana, W., & Meisyanti, M. (2019). KREATIVITAS DIGITAL DALAM POLITICAL MARKETING. Conference On Communication and News Media Studies, 1, 115. Retrieved from https://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1085