ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAMPRAKTIK PELAYANAN PUBLIKDI PEMERINTAHAN DESA
Abstract
Penelitian ini memfokuskan kajian pada inovasi dan penggunaan teknologi komunikasi dalam mendukung peningkatan akses pelayanan publik yang berjalan di organisasi Desa Cangkudu. Tujuan penelitian : (1) menganalisa tahapan inovasi yang berjalan dalam komunikasi organisasi pemerintahan desa (2) menggambarkan dampak teknologi komunikasi terhadap akses pelayanan publik (3) menggambarkan persepsi masyarakat mengenai inovasi yang dilakukan pemerintah desa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui proses observasi, dokumentasi, dan indepth interview. Analisa data dengan menggunakan triangulasi. Temuan penelitian : tahapan pelaksanaan inovasi pelayanan publik di Desa Cangkudu yakni (a) pengembangan gagasan atau ide transformasi dari kepala desa, (b) peningkatan kapasitas perangkat desa dari aspek mindset dan perilaku, (c) pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, (d) pembiasaan (habituasi) dan pendisiplinan kinerja perangkat desa, (e) pembiasaan (habituasi) warga desa, (f) evaluasi dan penyusunan inovasi baru oleh kepala desa. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan publik di desa memberikan kemudahan akses pelayanan administrasi kependudukan bagi warga desa.Dengan inovasi ini Pemerintah Desa mampu meningkatkan kecepatan pelayanan. Persepsi warga terkait dengan inovasi TIK pada umumnya positif, meskipun pada masa-masa awal diterapkannya inovasi pelayanan publik sebagian warga menolak dan menyatakan keberatan. Alasan keberatan karena merasa kesulitan dalam mengikuti penerapan sistem pelayanan publik yang baru oleh Pemerintah Desa
Downloads
1. Accepted paper’s author should read and approve the content of Copyright Transfer Form and send it back via editorial email address.
2. Copyright Transfer Form must be signed by the first author of the paper.