IDENTITAS VIRTUAL DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN MELALUI AKUN @udinus_smg

  • Mutia Rahmi Pratiwi
  • Amida Yusriana
  • Swita Amallia Hapsari

Abstract

Media sosial hadir menjadi salah satu alat yang digunakan sebagai ruang berbagi, salah satunya adalah Instagram yang memiliki jumlah pengguna tertinggi di Indonesia. Institusi Pendidikan kini telah menggunakan beberapa media sosial sebagai sarana informasi dengan tujuan publikasi hingga memunculkan keterikatan emosi. Udinus merupakan salah satu Universitas swasta no 3 di Indonesia yang menggunakan Instagram sebagai media informasi dan promosi. Visi Udinus untuk menjadi universitas pilihan nomor satu di bidang edukasi dan nstagrameship. Hingga saat ini, nstagram udinus dengan nama akun @Udinus_smg telah memposting 936 post dan memiliki jumlah follower hingga 14,6 ribu orang. Penelitian ini mengkaji mengenai identitas virtual yang ditampilkan melalui unggahan selama satu tahun (2018).Metode yang digunakan adalah metode analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identitas virtual akun @udinus_smg dioptimalkan melalui strategi symbolic concept positioning sesuai visi Udinus dan unsur informasi menjadi nilai terbesar dalm berbagai konten yang dibagikan atau diunggah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-15
How to Cite
Rahmi Pratiwi, M., Yusriana, A., & Amallia Hapsari, S. (2019). IDENTITAS VIRTUAL DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN MELALUI AKUN @udinus_smg. Conference On Communication and News Media Studies, 1, 256. Retrieved from https://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1100