IDENTITAS VIRTUAL DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN MELALUI AKUN @udinus_smg
Abstract
Media sosial hadir menjadi salah satu alat yang digunakan sebagai ruang berbagi, salah satunya adalah Instagram yang memiliki jumlah pengguna tertinggi di Indonesia. Institusi Pendidikan kini telah menggunakan beberapa media sosial sebagai sarana informasi dengan tujuan publikasi hingga memunculkan keterikatan emosi. Udinus merupakan salah satu Universitas swasta no 3 di Indonesia yang menggunakan Instagram sebagai media informasi dan promosi. Visi Udinus untuk menjadi universitas pilihan nomor satu di bidang edukasi dan nstagrameship. Hingga saat ini, nstagram udinus dengan nama akun @Udinus_smg telah memposting 936 post dan memiliki jumlah follower hingga 14,6 ribu orang. Penelitian ini mengkaji mengenai identitas virtual yang ditampilkan melalui unggahan selama satu tahun (2018).Metode yang digunakan adalah metode analisis isi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identitas virtual akun @udinus_smg dioptimalkan melalui strategi symbolic concept positioning sesuai visi Udinus dan unsur informasi menjadi nilai terbesar dalm berbagai konten yang dibagikan atau diunggah.
Downloads
1. Accepted paper’s author should read and approve the content of Copyright Transfer Form and send it back via editorial email address.
2. Copyright Transfer Form must be signed by the first author of the paper.