KOMUNIKASI DIGITAL DAN WAKTU SENGGANG
Abstract
Proses komunikasi melalui media digital semakin memudahkan pelakunya. Waktu yang dipakai untuk berkomunikasi pun terpangkas, sehingga para pelakunya dapat memiliki lebih banyak waktu senggang. Waktu senggang ini dapat dipergunakan untuk berbagai macam kegiatan yang sebelumnya tidak terpikirkan atau terencanakan. Artikel ini menyoroti pemanfaatan waktu senggang ini oleh para pelaku komunikasi digital, terutama person-person yang masuk dalam kategori generasi milenial. Penjelasan mengenai karakteristik komunikasi digital yang dapat mempercepat kegiatan-kegiatan tertentu beserta konsekuensi-konsekuensinya menjadi pokok pikiran utama. Konsekuensi ini muncul saat berproses dan setelah satu-dua kegiatan selesai dilakukan. Penjelasan ini dikolaborasikan dengan filosofi penggunaan waktu senggang oleh generasi milenial yang akrab dengan konten digital. Penjelasan tentang kecenderungan yang muncul sebagai konsekuensi perubahan teknologi juga tidak dapat dipisahkan dengan penjelasan mengenai dua hal sebelumnya. Ketiga pokok pikiran ini menjadi pedoman analisis mengenai fenomena baru yang timbul akibat kelindan antara proses komunikasi digital, waktu senggang, dan kecenderungan perilaku generasi milenial.
Downloads
1. Accepted paper’s author should read and approve the content of Copyright Transfer Form and send it back via editorial email address.
2. Copyright Transfer Form must be signed by the first author of the paper.