ANALISIS KOMUNIKASI PARIWISATA (Studi Kasus: Desa Ekowisata Nyambu, Tabanan-Bali)
Abstract
Komunikasi berperan penting dalam sektor pariwisata.Melalui komunikasi tersebut, pariwisata dapat mengkomunikasikan pemasaran, aksesibilitas, destinasi, sumber daya alam maupun manusia kepada para wisatawan serta membentuk kelembagaan didalam suatu desa wisata, seperti Desa Ekowisata Nyambu di Tabanan-Bali. Desa Nyambu menerapkan konsep Desa Ekowisata melalui proses panjangnya hingga kini menjadi sebuah produk wisata yang cukup bersaing di Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pariwisata yang terjadi di Desa Ekowisata Nyambu serta strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan push and pull strategy. Penelitian ini menggunakan perspektif komunikasi pariwisata menurut Burhan Bungin yang di dalamnya mencakup 6 elemen utama serta push and pull strategy sebagai strategi komunikasi pemasaran yang digunakan untuk mengembangkan sektor pariwisatanya. Pendekatan pada penelitian ini bersifat kualitatif dengan tujuan agar dapat membahas secara mendalam suatu fenomena yang terjadi serta menggunakan metode studi kasus.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, studi kepustakaan, studi lapangan, dan studi dokumen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pariwisata dan strategi komunikasi pemasaran pada Desa Ekowisata Nyambu sudah baik.Hal ini dapat dilihat dari berkembangnya desa nyambu sebagai tujuan wisata berbasis ekologis yang berhasil menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.
Downloads
1. Accepted paper’s author should read and approve the content of Copyright Transfer Form and send it back via editorial email address.
2. Copyright Transfer Form must be signed by the first author of the paper.