PENDEKATAN SINEMATIK DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN MULTIKULTURAL BUKALAPAK VERSI FILM PENDEK CI LINDA
Abstract
Penelitian ini fokus pada pendekatan sinematik yang dilakukan oleh aplikasi pemasaran bukalapak yang menggunakan berbagai elemen sinema melalui film pendek versi; Bu Linda.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis teks dengan pendekatan semiotika dan hermeneutika.Hasil penelitian menunjukan representasi simbolik etnik dalam penokohan mampu menempatkan etnis minoritas dan mayoritas sejajar dalam konteks sosial bangsa Indonesia. Representasi kedua yang dibangun dalam unsur sinematik ialah simbol kesarjanaan sebagai perekat kehidupan sosial dan nilai keluhuran berbangsa dan bernegara, hal ini diwujudkan dalam unsur sinema setting tempat, setting waktu dan dialog. Ketiga, representasi simbolik diwujudkan dalam unsur tata kamera (direct of Photography) yang menunjukan ekspresi, emosi dan cinta dengan pendektan moving dan close up sebagai upaya menunjukkan rasa persatuan emosi secara keseluruhan dari cerita, dialog dan lain-lain yang didramatisir oleh sound dan instrument musik serta tata cahaya. Ketiga unsur sinematik tersebut mampu menggabungkan nilai kebangsaan dalam narasi cerita yang tujuannya untuk mendapat simpati, persepsi dan argumentasi komunikasi pemasaran multikultural dan menentukan top of mind aplikasi bukalapak sebagai pemasar yang lahir dari nilai-nilai kebangsaan.
Downloads
1. Accepted paper’s author should read and approve the content of Copyright Transfer Form and send it back via editorial email address.
2. Copyright Transfer Form must be signed by the first author of the paper.