PENDEKATAN SINEMATIK DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN MULTIKULTURAL BUKALAPAK VERSI FILM PENDEK CI LINDA

  • Ahmad Toni

Abstract

Penelitian ini fokus pada pendekatan sinematik yang dilakukan oleh aplikasi pemasaran bukalapak yang menggunakan berbagai elemen sinema melalui film pendek versi; Bu Linda.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis teks dengan pendekatan semiotika dan hermeneutika.Hasil penelitian menunjukan representasi simbolik etnik dalam penokohan mampu menempatkan etnis minoritas dan mayoritas sejajar dalam konteks sosial bangsa Indonesia. Representasi kedua yang dibangun dalam unsur sinematik ialah simbol kesarjanaan sebagai perekat kehidupan sosial dan nilai keluhuran berbangsa dan bernegara, hal ini diwujudkan dalam unsur sinema setting tempat, setting waktu dan dialog. Ketiga, representasi simbolik diwujudkan dalam unsur tata kamera (direct of Photography) yang menunjukan ekspresi, emosi dan cinta dengan pendektan moving dan close up sebagai upaya menunjukkan rasa persatuan emosi secara keseluruhan dari cerita, dialog dan lain-lain yang didramatisir oleh sound dan instrument musik serta tata cahaya. Ketiga unsur sinematik tersebut mampu menggabungkan nilai kebangsaan dalam narasi cerita yang tujuannya untuk mendapat simpati, persepsi dan argumentasi komunikasi pemasaran multikultural dan menentukan top of mind aplikasi bukalapak sebagai pemasar yang lahir dari nilai-nilai kebangsaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-15
How to Cite
Toni, A. (2019). PENDEKATAN SINEMATIK DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN MULTIKULTURAL BUKALAPAK VERSI FILM PENDEK CI LINDA. Conference On Communication and News Media Studies, 1, 380. Retrieved from https://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1111