PROFESI PUBLIC RELATIONS DALAM PERSEPSI SISWA SMA DI JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa Sekolah Menengah Atas memahami profesi Public Relations dan bagaimana persepsi mereka tentang profesi tersebut. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, menggunakan survey kuesioner terhadap sampel 2 SMA di Jakarta, yaitu SMA 66 (mewakili sekolah negeri) dan SMA Pangudi Luhur (mewakili sekolah swasta). Dengan sampel sebagai berikut: siswa kelas 11 SMAN 66 sebanyak 272 orang dan siswa kelas 11 SMAS pangudi luhur sebanyak 162 orang. Temuan dari penelitian ini adalah lebih dari 50% responden mengetahui dan memahami mengenai profesi Public Relations. Sebagai siswa yang sebentar lagi memasuki dunia perkuliahan, mereka tertarik, serta mempunyai kemauan lebih untuk tahu lebih banyak tentang profesi Public Relations. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan positif bagi praktisi Humas di organisasi, perusahaan, atau pun dunia pendidikan. Selain itu, dari sisi teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kajian persepsi profesi dalam ilmu komunikasi, khususnya kajian ilmu Public Relations
Downloads
1. Accepted paper’s author should read and approve the content of Copyright Transfer Form and send it back via editorial email address.
2. Copyright Transfer Form must be signed by the first author of the paper.