Current Issue

Vol 1 (2019): COMNEWS 2019 : TUTUR DIGITAL DALAM DOMINASI GENERASI MILENIAL

TUTUR DIGITAL DALAM DOMINASI GENERASI MILENIAL
Comnews 2019
akan mengangkat dinamika Ilmu Komunikasi di tengah kemajuan digital sekarang ini. Di sisi lain, Generasi Milenial cukup dominan mengingat dari rentang usianya merupakan generasi produktif pada saat ini. Dominasi generasi milenial dalam dunia pekerjaan, baik sebagai pekerja dan juga target market, baik sebagai pembaca maupun pekerja massa, dalam dunia pendidikan, dalam kajian politik, budaya, maupun media.


Dilihat dari kajian budaya popular, kaum milenial ini telah mengambil peran dan posisi sendiri.  salah satu contohnya adalah sebagaimana dituliskan oleh Heryanto dalam buku Identitas dan Kenikmatan,

“bagaimana mereka menyihir mesin propaganda menjadi industri swasta dengan sejumlah program hiburan yang menarik bagi kelas menengah yang baru tumbuh, juga bagi para pengiklan. Di milenium yang baru, peningkatan popularitas budaya lain seperti budaya Korea dalam dalam music, drama televisi, dan video games di seluruh wilayah hanyalah merupakan salah satu dari sejumlah perkembangan baru dalam sejarah panjang arus budaya lintas-wilayah (Heryanto, 2014)”

Dalam konteks komunikasi massa, generasi milenial kerapkali dianggap malas membaca namun sangat aktif dalam mengakses informasi dan berinteraksi melalui media sosial. Pengetahuan tentang sebuah masyarakat, terutama angan-angan, nilai, serta ideologi sosial yang dominan di dalamnya bisa dilihat dalam tata cara dimana generasi mudanya dibahasakan dan dimana bangsanya dicitrakan (Heryanto, 2012). Sehingga perlu suatu pemahaman akan bagaimana sejumlah media massa menyikapi dan mengambil suatu strategi komunikasi agar bisa menyesuaikan dengan pembacanya sebagai generasi milenial dalam era digital.Selain kedua hal tersebut, tentunya tidak terlepas juga Komunikasi Pragmatis di tengah generasi digital. Bagaimana komunikasi bencana, komunikasi lingkungan, pemasaran, maupun kehumasan disikapi oleh generasi digital akan menjadi topik pembahasan dalam konferensi ini.

Dilihat dari konteks Politik, Indonesia akan memasuki masa Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada tahun 2019 mendatang. Forum ini berusaha melihat dinamika politik yang berkembang dan kaitannya dengan Generasi Milenial. Beberapa di antara mereka akan melakukan pemilihan pertama kalinya, sehingga akan menarik diangkat menjadi pembahasan bersama dan dikaji dari sisi ilmiah.

Published: 2019-03-14

Articles

View All Issues